Rabu, 25 Juli 2012

Model Karakter : The Spirit Sword


Dalam kreasi karakter, sangat penting untuk memiliki model. Apapun genre ceritamu, karakter adalah pemeran terpenting dalam cerita. Karakter yang kuat dapat memberikan jiwa pada cerita sehingga dapat menarik simpati pembaca dan memudahkan mereka untuk mencintai sebuah cerita.

Berikut ini akan saya share beberapa model yang membantu saya dalam menuliskan cerita The Spirit Sword atau dulu bernama The Seer.


Jan
model :
Jackson Rathbone
Saya benar-benar butuh model yang wajahnya memancarkan kehidupan dan kesan kekanak-kanakan yang senantiasa terlihat ceria dan bersemangat. Disamping itu juga menampakkan keluguan dan sifat naif yang terkadang ingin menang sendiri. Sejak melihat Jackson Rathbone dalam perannya sebagai Sokka di film M. Night Shamalan di The Last Airbender, saya langsung tahu bahwa ini adalah Jan!
Jan seorang pemuda bertubuh kurus karena kurang makan. Tentu saja, mencari makan di Kolonial Charlton itu susah dan dia masih sangat muda, 18 tahun. Ia tidak pernah menyinggung atau curhat tentang masa lalunya.
Jan terinspirasi dari Sokka dan d'Artagnan.






Gerrard "Zhuge" Guthree
model :
Aslinya saya memodelkan dia berdasarkan Wentworth Miller yang terlihat begitu dingin sekaligus cerdik dan banyak akal seperti tokoh yang ia perankan dalam Prison Break. Tokoh yang diperankan dengan sangat baik oleh Wentworth Miller ini menarik minat saya, terutama dalam keberaniannya untuk "bertaruh", persis seperti yang kubayangkan tentang karakter Zhuge. Namun ketika menuliskannya, entah kenapa saya malah membayangkan dia sebagai Sokka-nya Jackson Rathbone, barangkali karena tipe rambut mereka yang tanpa sengaja mirip. Akhirnya saya memutuskan untuk mencari model lain yang sungguh-sungguh memiliki wajah campuran antara Kaukasia dan Asia, terutama China. Saya persempit seleksi menjadi Britsh-Chinese.
Awalnya saya tertarik sekali untuk memodel Zhuge berdasarkan Jon Foo, terutama karena physical-build mereka sama dengan massa otot yang serupa. Namun aura wajah yang terpancar dari Jon Foo sama sekali tidak merepresentasikan Zhuge. Menurut saya, mata Jon Foo kurang mewakili Zhuge. Sorot mata yang saya inginkan ternyata dimiliki oleh Jamie Woon, seorang musisi British berdarah China. Namun wajah Jamie Woon mengingatkan saya pada Keanu Reeves. Keanu Reeves? Saya langsung teringat pada saat pertama kali saya mencoba untuk menggambar wajah Zhuge, entah bagaimana wajah itu langsung mengingatkan saya pada Keanu Reeves alih-alih Wentworth Miller ataupun Jackson Rathbone (model2 originalnya). Kemudian saya coba telusuri darah leluhur Keanu Reeves. Ternyata beliau memiliki darah China! Ya sudah. Sekarang saya menggunakan Keanu Reeves untuk model Zhuge.
Zhuge terinspirasi dari Zoro, Guts, Tyler Durden dan Michael Scofield.



Kayla
model :
Pada awalnya saya memodelkan dia dari Vannessa Hudgens, karena ia memiliki darah Indian. Namun lama kelamaan, tampaknya Kayla memiliki karakteristik berbeda dari Vannessa Hudgens. Saya menonton Tokyo Drift dan sempat terkesan dengan penampilan Nathalie Kellie, namun lama kelamaan kurang berkenan juga. Satu-satunya model bagi Kayla yang terus terbayang malah karakter Sailormoon, Michiru Kaioh, si Sailor Neptunus. Karakter Michiru yang kuat, tenang, dingin, cerdas, artistik dan kalem benar-benar sesuai dengan apa yang ingin kukarakteristikkan untuk Kayla.




Hadwyn "Sal" Salome Feux

model :
Sejak awal hingga sekarang, model Sal tetap satu; Jamie Bell. Saya menyaksikan penampilannya di video klip Green Day, kemudian film Jumper, saya tahu bahwa orang ini adalah Sal. Nerd, terlihat cupu, namun sewaktu-waktu dapat memberi kejutan. Saya butuh sosok anak kesayangan mami yang sesungguhnya sangat mandiri dan dewasa, Jamie Bell tampaknya memiliki jiwa itu.



Bellamy Earlheart
model :
Tidak ada model. Tidak mungkin karena saya rasis, karena menurut saya lelaki negro pun ganteng-ganteng dan saya tidak kesulitan membedakan mereka. Tapi Bellamy benar-benar tidak ada model sama sekali. Dulu saya menggambarkan dia memiliki wajah buruk rupa seperti gigi ompong dan memiliki tahi lalat di pipi. Namun sekarang sepertinya tidak, saya benar-benar membayangkan Bellamy memiliki penampilan fisik yang tinggi besar, wajah tangguh yang keras dengan tulang mata yang cukup menonjol. Ia juga tidak banyak bicara dan memiliki kepibadian super serius dengan humor sarkastik yang tinggi dan temperamental.
Mario Balotelli?
Sungguh saya tidak bisa menentukan.



Theodore Gunther
model :
Jude Law. Heran juga karena postur Jude Law tidak seperti postur ideal seorang lelaki yang bisa mengangkat pedang besar dan berat seperti Einherjar. Namun wajah Jude Law tampaknya sudah sangat melekat dalam imajinasiku mengenai Theodore Gunther. Tapi belakangan ini saya agak membayangkan Gerrard Butler dan Hugh Jackman dengan bewok di pipi mereka.
Terinspirasi dari Arngrim (Valkyrie Profile), Dario (Chrono Cross)









Wolfgang
model :
Digambarkan tinggi besar dan berwajah keras. Rambutnya perak dan panjang. Saat menonton Harry Potter saya cukup terkejut melihat ayah Draco Malfoy, entah siapa namanya.
Terinspirasi dari Garai, Chrono Cross





Agni
model & inspirasi :
Llyod dari Legend of Dragoon. Nuff said.







Vikrant Khali

model :

Berdasarkan ras kamael pria dari game online Lineage 2, kemudian juga kapten dari film Macross, kalau tidak salah namanya Captain Gloval. Satu hal, nenek moyang Vikrant adalah Srikandarv yang kawin campur dengan manusia-manusia Karibalum. Sosok Srikandarvnya sudah mengalami penciutan menjadi sangat mendekati manusia normal, sekalipun tinggi tubuh dan beratnya masih melampaui manusia normal. Karena itu mungkin akan saya pakai model Rusia dengan sedikit campuran aktor boyband Korea untuk menghaluskan tekstur wajahnya. Walau tidak memiliki model yang jelas, namun seperti Bellamy, saya tahu persis bagaimana wajah Vikrant. Barangkali saya hanya belum menemukan orang yang memiliki wajah seperti Vikrant yang saya bayangkan.

Vikrant terinspirasi dari Lynx, game Chrono Cross.








Zhuge Yue
model :
Wanita cantik berdarah China, ibu dari Zhuge. Saya putuskan memodelnya berdasarkan Shu Qi.







Ronan Guthree
model :
Siapapun yang memodel jadi Ronan haruslah seseorang yang mirip dengan Zhuge, itu berarti saya harus mencari orang yang mirip dengan Keanu Reeves. Awalnya saya tertarik untuk memodel berdasarkan Gerrard Butler atau Shia LaBeouf. Seorang lelaki berambut hitam, rahang persegi, alis tebal dan memiliki tubuh kuat karena memiliki Aether kuat dalam tubuhnya. Ia memiliki akal yang cerdas dan licik, karismatik dan pandai bersosialisasi. Karena pengaruh dan kekayaan keluarga Guthree, setiap orang ingin menjadi sahabatnya dan orang yang didekatinya tidak menyia-nyiakan kesempatan emas itu. Ronan memiliki jalan hidup berlawanan dengan Zhuge, impiannya menjadi Champion harus kandas di tengah jalan setelah kematian kakaknya karena ia harus menggantikan sang kakak untuk belajar di akademi skolar sebagai bekal untuk mengurus bisnis keluarga Guthree. Tapi tampaknya saya akan mencari model berdarah British saja untuk Ronan. Kurasa yang paling memungkinkan sekarang adalah Henry Cavill.








Rosamund
model :
Teman baik Ronan dan Vikrant di masa muda, mereka bertiga sering duduk bersama dan mengobrolkan hal-hal yang menarik minat mereka; Aether. Saat itu Ronan dan Rosamund adalah dua skolar yang mempelajari politik, sedangkan Vikrant adalah seorang skolar beasiswa di bidang kedokteran. Rosamund seorang senat yang cerdik dan dermawan. Modelnya harus seorang wanita anggun yang sopan dan berpendidikan. Berambut pirang. Tapi saya belum tahu siapa, mungkin artis British, Julie Christie



Harvard Guthree
model :
Sesungguhnya ini tokoh penting juga. Rival Zhuge yang juga adik Zhuge berlainan ibu. Harvard memiliki rambut pirang dan mata hijau. Harus menampilkan wajah yang ambisius, cerdas, terhormat, dan sedikit arogan. Agak bingung juga memilihnya, namun mata Leonardo DiCaprio saat sedang serius, terlihat seperti apa yang kubayangkan tentang  Harvard. Deskripsiku tentang  Harvard adalah benar-benar persis ibunya, secara otomatis, carilah aktor yang agak bishonen tapi dari eropa. Maka dari itu saya tidak perlu mengkhawatirkan untuk memilih seorang pemuda baru gede yang mirip dengan Henry Cavill (sekalipun Jonathan Rhys-Myers lumayan mirip dengan Henry Cavill). Leonardo Dicaprio lahir di LA, namun ia memiliki darah Jerman. Daripada pusing-pusing, ya sudahlah, sampai saat ini kumodel berdasarkan Leonardo dulu.


Bara
model :
Bara hanya muncul di buku pertama sesaat, namun saya janji, orang ini adalah karakter penting pada kelanjutan ceritanya, bersama saudara kembar Kayla, Konan. Bara mungkin akan saya modelkan sebagai sosok lelaki yang sangat tidak peka (dalam keadaan normal), sangat egosentris, tapi bukan seorang narsistik. Ia pemburu hebat generasi muda Pamuyan Selatan dan merupakan idola gadis-gadis remaja di Pamuyan Selatan. Tapi saya belum menentukan modelnya, namun siapapun itu, saya akan memilih pemuda yang memiliki postur kuat dengan wajah garang seperti Eddie Spears.